SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI :)

SEMOGA INFORMASI YANG ADA BISA MEMBANTU ANDA:)

Sunday, July 21, 2013

Cara membuat blog menarik

cara membuat blogBagi Anda yang sudah terbiasa dengan dunia online, tentu saja sudah sangat familiar dengan istilah blog yang merupakan singkatan dari web log. Dahulu blog hanya digunakan untuk menulis jurnal kegiatan sehari – hari seseorang, namun saat ini blog digunakan untuk memberikan atau menyebarkan informasi mengenai hobi, kesehatan, bisnis, karir, dan lain – lain. Untuk membuat sebuah blog tidaklah sulit, Anda bisa menggunakan fasilitas yang sudah disediakan seperti blogger.com, wordpress.com atau jika Anda ingin terlihat profesional Anda bisa membangunnya dengan CMS (Content Management System) yang sudah dibangun oleh komunitas diluar seperti WordPress, Joomla!, drupal, dan lain sebagainya.


Tantangan dalam membuat sebuah blog adalah menjadikannya menarik sehingga banyak pengunjung yang datang ke blog Anda, sebab tanpa pengunjung blog Anda tidak akan berarti, untuk itu artikel kali ini akan membahas bagaimana cara membuat blog yang menarik dan sebaiknya Anda mengikuti beberapa tips atau cara membuat blog yang menarik berikut ini (akan lebih baik jika cara ini dilakukan sebelum membangun blog).
Berikut ini merupakan beberapa cara membuat blog yang menarik :

Tentukan niche untuk blog

Ini merupakan langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum membangun sebuah blog. Niche merupakan fokus dari tema blog yang anda buat, semakin spesifik tema blog yang ingin Anda bangun maka akan semakin baik karena memungkinkan blog anda dilihat lebih tinggi oleh komunitas yang berhubungan dengan niche Anda. Jika Anda sudah menentukan niche blog yang ingin Anda bangun maka akan lebih baik jika Anda membuat skema atau bagan mengenai hal – hal yang berhubungan dengan topik tersebut, hal ini bertujuan untuk menjaga Anda agar tidak keluar dari niche yang sudah ditetapkan sekaligus mempermudah Anda untuk membuat konten yang berhubungan dengan niche Anda.

Pilih themes atau template yang minimalis

Blog merupakan situs yang lebih banyak menampilkan tulisan, oleh karena itu Anda harus pandai dalam memilih themes atau template yang akan Anda gunakan pada blog Anda. Banyak hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih themes atau template, namun secara umum saya menganjurkan agar anda memilih themes atau template yang minimalis agar konten Anda lebih nyaman untuk dilihat. Contoh themes yang minimalis dapat Anda lihat di situs mediainteraksi.com (Anda juga dapat membelinya disana).

Tentukan typography yang menarik

Bila kita sudah berbicara mengenai blog, maka hal ini tidak akan terlepas dari yang namanya typography. Typography adalah jenis font yang kita gunakan pada situs atau blog yang dibangun. Untuk membuat blog yang menarik, maka Anda harus menggunakan typography yang menarik dan tentu saja harus disesuaikan juga dengan themes atau template yang Anda gunakan, hal ini bertujuan untuk membuat tulisan Anda terlihat menarik secara visual, sehingga pengunjung yang melihat akan tertarik untuk membaca tulisan Anda.

Gunakan font dengan ukuran yang besar

Karena konten dari blog lebih dominan pada tulisan, maka akan lebih baik jika Anda menggunakan font dengan ukuran yang lebih besar daripada umumnya. Pada polisisiswa.blogspo.com default ukuran untuk konten artikelnya lebih besar daripada yang digunakan pada umumnya, hal ini dilakukan untuk membuat blog ini menarik secara visual, menjaga agar mata kita tidak mudah lelah ketika membaca terlalu lama dan untuk menonjolkan tulisan yang ada pada blog.

Kombinasikan font yang gelap dengan background blog yang terang

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa warna dapat mempengaruhi kemampuan kita dalam membaca tulisan. Tulisan dengan warna dan background yang terang akan membuat mata kita cepat lelah ketika terlalu lama membaca, oleh karena itu akan lebih baik jika Anda menggunakan warna font yang gelap (warna hitam lebih baik) dipadukan dengan warna background situs atau blog yang lebih terang (idealnya putih) sehingga membuat mata kita lebih nyaman, ketika melihat tulisan yang ada pada blog atau situs Anda dan tentu saja hal ini juga harus disesuaikan dengan themes atau template yang Anda gunakan agar secara keseluruhan situs atau blog Anda menjadi lebih cantik.
Untuk menjaga kenyamanan dalam membaca maka saya membagi artikel “Cara membuat blog yang menarik” menjadi dua bagian. Saya berharap semoga artikel “Cara membuat blog yang menarik” ini dapat membantu Anda membangun sebuah blog yang menarik.

No comments:

Post a Comment